Workshop Biofarmaka IPB ;Developing Indonesian Botanical Resources and Industrial Collaboration Toward Pharmacetical Application

gberita2

Pusat Studi Biofarmaka (PSB) Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan United Graduate School of Agricultural Science – Gifu University (UGSAS-GU) gelar Internasional Workshop dengan tema Developing Indonesian Botanical Resources and Industrial Collaboration Toward Pharmacetical Application, di IPB International Convention Center (1/12).

Dekan  UGSAS-GU, Masateru Senge, dalam Keynote Speech-nya mengajak mahasiswa pascasarjana IPB untuk mengikuti program pendidikan UGSAS – GU. UGSAS – GU menyediakan program pendidikan yang unik. Dalam program ini, terdapat berbagai mata pelajaran berbasis sistem kredit dan bimbingan penelitian disertasi doktor oleh beberapa pengawas melalui hubungan sinergis. Hal ini terutama antara lulusan sekolah pertanian, seperti Shizuoka University dan Gifu University.

Kepala PSB, Prof. Latifah K. Darusman menyampaikan, tujuan workshop adalah untuk mempertemukan dan membuka komunikasi antara pihak peneliti atau akademisi dan industri dari Indonesia dan Jepang dalam upaya bekerjasama secara sinergis. Hal ini tak lain dalam pemanfaatan sumberdaya hayati menuju pengembangan obat baru, farmasi, dan makanan fungsional.

Karenanya, dari sini diharapkan dapat menjadi inisiatif pihak industri untuk memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan dan penerapan ilmu dan teknologi khususnya di Indonesia, baik dalam menerima mahasiswa pascasarjana untuk melakukan internship di industri itu sendiri, maupun kerjasama riset antara universitas dan industri ataupun industri dan industri.

Dalam acara ini turut serta memberikan presentasi dari kalangan Industri Indonesia dan Jepang, diantaranya yaitu PT Martina Berto, PT Indo Farma, dan PT Soho, serta Ichimaru Pharcos Co, Jepang. (dh).