Silabus

1. SVK211 DENDROLOGI 3(2-3)
Prasyarat : –
Dendrologi merupakan salah satu mata kuliah ilmu dasar (basic science) di bidang kehutanan yang menguraikan tentang pengertian “pohon”, morfologi (sifat botani) pohon, azas-azas taksonomi tumbuhan, kegiatan eksplorasi botani hutan, serta pembahasan beberapa suku, marga, dan jenis-jenis pohon yang penting di bidang kehutanan dan ekosistem hutan.

2. SVK212 EKOLOGI HUTAN 3(2-3)
Prasyarat : –
Pengertian ekologi hutan; ekosistem hutan; prinsip energy; produktivitas; dinamika masyarakat tumbuhan; klasifikasi dan formasi hutan di Indonesia; cara mempelajari vegetasi hutan dan tumbuhan bawah; keanekaragaman hayati; hubungan masyarakat tumbuhan dengan lingkungan; dampak gangguan hutan.

3. SVK221 SILVIKA 3(2-3)
Prasyarat : –
Merupakan mata kuliah Major yang diasuh oleh Laboratorium Silvikultur dan diajarkan kepada semua mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB yang mengambil major Silvikultur. Mata kuliah ini membahas faktor-faktor klimatis, edafis, air, biologi, physiography dan interaksi faktor-faktor tersebut dalam mempengaruhi pertumbuhan pohon, regenerasinya dan pembentukan tegakan hutan. Pengaruh Hutan terhadap lingkungan juga dibahas pada mata ajaran ini.

4. SVK231 PERLINDUNGAN HUTAN 3(2-3)
Prasyarat : –
Perlindungan hutan adalah setiap upaya untuk mencegah dan membatasi kerusakan hutan, kawasan hutan dan hasil hutan yang disebabkan oleh faktor-faktor pengganggu. Gangguan hutan dapat berupa hama, penyakit, kebakaran, penggembalaan ternak, pencurian hasil hutan dan penggarapan liar/penyerobotan lahan hutan. Tujuan perlindungan hutan adalah untuk menjaga hutan agar fungsinya tercapai secara optimal dan lestari, sesuai dengan peruntukan hutannya. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa untuk mampu menjelaskan faktor-faktor pengganggu hutan, sebab-sebab atau latar belakang terjadinya gangguan, proses terjadinya gangguan, bentuk-bentuk kerusakan, dampak gangguan, hubungan kausal antar faktor pengganggu, dan metoda-metoda pengendalian gangguan-gangguan tersebut

5. SVK313 SYN-EKOLOGI HUTAN 2(2-0)
Prasyarat: Biology
Mata kuliah ini akan memberikan kompetensi kepada mahasiswa untuk mengetahui, memahami, dan menjelaskan tentang: (a) model, pertumbuhan, dan mekanisme pengendalian populasi, (b) tabel kehidupan dengan komponennya, (c) demografi populasi tanaman, (d) ekologi reproduksi, (e) regulasi populasi tanaman, dan (f) pola interaksi antar spesies tanaman dalam ekosistem hutan.

6. SVK314 EKOLOGI JENIS POHON TROPIKA 2(2-0)
Prasyarat: –
Ekologi jenis pohon tropika adalah mata kuliah yang berisikan tentang pemahanan aspek geografi tumbuhan, proses adaptasi dan domestikasi pohon, studi autekologi (studi ekologi jenis), ekologi jenis pohon Dipterocarpaceae, ekologi dan silvikultur jenis pohon Non-Dipterocarpaceae, ekologi dan silvikultur jenis pohon budidaya (dometikasi) dan ekologi dan silvikultur jenis pohon untuk tujuan hasil hutan non kayu.

7. SVK315 PENGARUH HUTAN 3(2-3)
Prasyarat : –
Mata kuliah ini menjelaskan:Pengertian dan hubungan antara meteorologi, klimatologi dan hidrologi dan kegunaannya dalam pengelolaan sumberdaya hutan Dasar-dasar meteorologi kaitannya dengan cuaca dan iklim dan siklus hidrologi, neraca energi dan neraca air; metode pengukuran dan pendugaan besaran komponen iklim dan siklus hidrologi dan neraca air di suau Daerah Aliran Sungai Peran vegetasi hutan dan vegetasi sejenisnya terhadap iklim mikro, siklus hidrologi dan ketersediaan air Perubahan iklim global terhadap iklim dan hidrologi lokal (DAS).

8. SVK316 PENGELOLAAN NUTRISI HUTAN 3(2-3)
Prasyarat : –
Mata kuliah ini menjelaskan pengertian dan batasan nutrisi hutan, hubungan tanah hutan dengan perkembangan vegetasi hutan, hubungan kualita tempat tumbuh dengan pertumbuhan hutan (pohon), hubungan tanah dengan pertumbuhan pohon, hubungan hara dengan pertumbuhan pohon, siklus hara, Penilaian nutrisi hutan, pemupukan, penambatan nitrogen secara biologi, pemanenan pengolahan tanah dan regenerasi tegakan, dan model manajemen nutrisi hutan untuk pembangunan hutan tanaman secara lestari.

9. SVK322 SILVIKULTUR 3(2-3)
Prasyarat : –
Mata kuliah Silvikultur adalah mata kuliah wajib yang diikuti oleh Mahasiswa semester lima di Fakultas kehutanan IPB. Mata kuliah ini membahas tentang : Pengertian Silvikultur, Pertumbuhan Pohon, kaitan Silvikultur dengan ilmu lain, Pertumbuhan & Reproduksi Pohon, Ekofisologi Pohon, Teknologi Pembibitan dan Pembangunan Hutan serta sisstem-sistem silvikultur.

10. SVK323 GENETIKA HUTAN 3(2-3)
Prasyarat : –
Mata kuliah ini membahas tentang prinsip dan analisa genetika secara umum; sistem genetic organism; konsep gen; genom; ploidy; organisasi kromosom; percobaan genetika berupa selfing; crossing; test-cross; backcross; penurunan sifat secara Mendelian dan penyimpangannya; dasar genetika modern serta metodanya; perilaku gen dalam populasi; analisa statistic dalam genetika; serta genetika kuantitatif.

11. SVK324 PEMULIAAN POHON 3(2-3)
Prasyarat: Genetika Hutan
Pemuliaan Pohon adalah penerapan dasar-dasar genetika pada penanaman hutan untuk memperoleh pohon-pohon yang memiliki sifat dan hasil yang lebih tinggi nilainya. Kegiatan pemuliaan pohon meliputi: meneliti keragaman populasi jenis pohon, mengadakan percobaan penanaman jenis-jenis pohon dari berbagai daerah asal (Uji Provenans), seleksi, membangun kebun benih, menyilangkan pohon-pohon terpilih dan melakukan uji keturunan. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa untuk mampu menjelaskan dan melaksanakan kegiatan pemuliaan.

12. SVK325 TEKNOLOGI PERBANYAKAN TANAMAN HUTAN 3(2-3)
Prasyarat : Silvika
Mata kuliah ini membahas tentang teknologi perbanyakan tanaman hutan baik secara generatif (sexual) maupun vegetatif (aseksual) mulai dari pengertian dan tujuan teknologi benih, kualitas benih , permasalahan perbenihan di Indonesia; biologi, perkembangan dan ekologi benih; pengunduhan, pengumpulan dan pemanenan benih; ekstraksi, pembersihan, dan seleksi benih; penyimpanan benih; pengangkutan benih, dormansi dan perlakuan pendahuluan; pengujian benih; sistem perbenihan nasional; peran dan permasalahan serta teknik pembiakan vegetatif (stek, okulasi, cangkok, sambungan dan kultur jaringan tanaman) tanaman hutan dalam rangka mendukung pembangunan hutan yang lestari .

13. SVK332 ILMU HAMA HUTAN 3(2-3)
Prasyarat: –
Hama hutan merupakan bagian dari silvikultur yang mempelajari mengenai binatang penyebab kerusakan pada pohon dan tegakan hutan. Pada mata kuliah ini akan dibahas binatang penyebab kerusakan pada pohon dan tegakan hutan terutama serangga, peran serangga dalam ekosistem hutan, ciri-ciri serangga, keistimewaan serangga, perilaku serangga, siklus hidup, daya reproduksi, perkembangbiakkan, klasifikasi serangga dan metamorfose; tanaman hutan dan bagaimana tanaman hutan menjadi sasaran serangga, pengaruh lingkungan fisik dan biotik terhadap kehidupan serangga (ekologi populasi); timbul tidaknya masalah hama, perhitungan ambang ekonomi, akibat dan dampak serangan hama pada pohon dan tegakan hutan; cara-cara survey dan memantau hama hutan; dan cara-cara pengendalian berbasis ekosistim.

14. SVK333 ILMU PENYAKIT HUTAN 3(2-3)
Prasyarat: –
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa untuk mampu menjelaskan arti dan ruang lingkup penyakit hutan, fisiologi penyakit, mekanisme penyerangan oleh patogen, mekanis pertahanan inang, ekologi penyakit, penyakit benih, penyakit persemaian, penyakit akar, penyakit batang, penyakit daun, pelapukan kayu, pewarnaan kayu, peramalan dan penilaian penyakit serta pengendalian penyakit pada tanaman hutan.

15. SVK334 KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN 3(2-3)
Prasyarat: Biologi, Fisika
Kebakaran Hutan dan lahan terjadi akibat ulah manusia maupun alam dan terjadi baik secara sengaja maupun tidak serta terdapat pada berbagai areal penggunaan lahan dan tipe vegetasi. Manajemen Pengendalian Kebakaran bertujuan untuk melindungi hutan dan lahan dari ancaman perusakan oleh kebakaran yang terjadi pada berbagai aktivitas penggunaan lahan dan vegetasi seperti penyiapan lahan bagi peladang berpindah, HTI, perkebunan (sawit), lahan gambut, padang alang-alang, semak belukar, hutan sekunder, hutan alam, dan lahan mengandung batu-bara. Mata kuliah manajemen Pengendalian Kebakaran Hutan memberikan gambaran tentang upaya pengendalian (manajemen) terhadap kebakaran yang terjadi pada berbagai tipe vegatsi dan areal penggunaan lahan.

16. SVK398 METODOLOGI PENELITIAN DAN PENULISAN ILMIAH 2(1-3)
Prasyarat : –
Setiap calon Sarjana harus mengetahui bagaimana caranya meneliti dan membuat suatu tulisan ilmiah. Penelitian merupakan suatu pencarian atas sesuatu secara sistematis dengan penekanan bahwa kegiatan pencarian dilakukan terhadap masalah-masalah yang bisa dipecahkan. Untuk itu diperlukan suatu perumusan masalah yang baik, perancangan metodologi penelitian dan penyusunan proposal penelitian. Setelah melaksanakan penelitian, seorang peneliti harus dapat melaporkan dalam suatu tulisan ilmiah, sehingga dapat disebarluaskan kepada masyarakat, baik di lingkungan kampus maupun di luar. Mata kuliah Metodologi Penelitian dan Penulisan Ilmiah (MPPI) ini memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang bagaimana cara merumuskan masalah penelitian, melaksanakan penelitian dan melaporkan hasil penelitian.

17. SVK399 PRAKTIK PENGENALAN EKOSISTEM HUTAN I
Prasyarat : –
Kegiatan praktik pengenalan ekosistem hutan berupa pengenalan tipe-tipe ekosistem hutan dan melakukan pengamatan dan pengukuran komponen ekosistem hutan alam dan hutan tanaman dari pantai sampai pegunungan. Komponen ekosistem yang diamati adalah komponen satwa liar, fisik tanah (tanah dan faktor-faktor iklim), perilaku, interaksi antar komponen eosistem, dan manfaat setiap tipe ekosistem hutan bagi kehidupan serta pengenalan status dan fungsi hutan.

18. SVK426 SILVIKULTUR HUTAN ALAM 3(2-3)
Prasyarat: Silvika
Silvikultur hutan alam merupakan rangkaian kegiatan (regenerasi, pemeliharaan dan pemanenan) yang dirancang secara sistematis dan diterapkan terhadap tegakan hutan alam (tidak seumur) untuk memacu pertumbuhannya guna menjamin kelestarian produksi kayu dan hasil hutan lainnya. Sejarah pengelolaan hutan alam dalam menerapkan sistem silvikultur, mulai dari TPI, TPTI, TJTI, TPTJ, dan TPTI Intensif. Selain itu juga disampaikan pemahaman tentang hipotesis tingginya keanekaragaman jenis di hutan tropis, struktur tegakan, pola pertumbuhan pohon, konsep regenerasi di hutan tropis, sistem polycyclic dan monocyclic. Mahasiswa juga diberikan pengetahuan tentang sistem silvikultur di beberapa negara tropis, seperti Malaysia dan Filipina, dan. salah satu metoda pengayaan, seperti line enrichment planting, tingkat kerusakan hutan, dan panduan pengelolaan hutan lestari dari aspek silvikultur.

19. SVK427 AGROFORESTRY 3(2-3)
Prasyarat : –
Pengertian dan konsep agroforestry, praktek dan agroforestry, spesies agroforestry, produktivitas dan perlindungan tanah dalam sistem agroforestry, serta desain dan evaluasi sistem agroforestry.

20. SVK435 PEMANTAUAN KESEHATAN HUTAN 2(2-3)
Prasyarat : –
Pemantauan Kesehatan Hutan merupakan mata kuliah Major yang diajarkan pada semester 7 kepada semua mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB yang mengambil major Silvikultur. Mata kuliah ini membahas konsep kesehatan hutan; kriteria dan indikator kesehatan hutan; metode dan teknik pengambilan data kesehatan hutan bagi indikator produktivitas, vitalitas, biodiversitas dan kualitas tapak, dan parameter lain. Manajemen data dan informasi kesehatan hutan serta proses analisis multikriteria untuk penilaian kesehatan hutan dibahas pula dalam mata kuliah ini. Hasil penilaian kesehatan hutan akan digunakan untuk pengambilan keputusan manajemen dan pengelolaan hutan lestari.

21. SVK497 PRAKTIK KERJA PROFESI 3
Prasyarat : –

22. SVK498 SEMINAR 1
Prasyarat : –

23. SVK499 SKRIPSI 6
Prasyarat : –