Visi dan Misi

VISI

Visi Departemen Silvikultur adalah ”Menjadikan Departemen Silvikultur sebagai program studi terkemuka di Asia dengan Kompetensi Utama Silvikultur tropika, berkarakter Kewirausahaan dan Bersendikan Keharmonisan”.

MISI

Misi Departemen Silvikultur adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi akademik dan profesional yang berbasis penelitian (research based university) untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang berakhlak luhur yang menguasasi dan mampu mengembangkan IPTEKS sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat kini dan mendatang untuk menjamin fungsi ekologis, kesehatan dan produktivitas ekosistem hutan secara berkelanjutan.
  2. Menjadikan Departemen Silvikultur sebagai penentu kecenderungan (trend setter) bagi masyarakat profesi kehutanan baik yang berkecimpung dalam dunia ilmu pengetahuan, dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat maupun dalam pemerintahan.
  3. Menjadikan Departemen Silvikultur sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mampu mengantisipasi dan menjawab berbagai permasalahan pembangunan kehutanan berdasarkan pendekatan ilmiah dan profesional.
  4. Menjadikan Departemen Silvikultur sebagai lembaga pendidikan tinggi dengan sistem manajemen berorientasi pada mutu dan profesionalisme, sehingga mampu meningkatkan daya saing bangsa.

 MANDAT

Mengembangan ilmu dan teknologi silvikultur yang diperlukan untuk membina hutan alam serta membangun dan membina hutan tanaman.

TUJUAN

Tujuan strategis dari Departemen Silvikultur adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu mengembangkan dan menerapkan IPTEKS Silvikultur Tropika.
  2. Memberikan inovasi IPTEKS Silvikultur Tropika ramah lingkungan untuk mendukung pembangunan nasional dan memperbaiki kesejahteraan umat manusia.
  3. Menjadikan Departemen Silvikultur sebagai program studi yang bersikap proaktif and antisipatif dalam menghadapi tuntutan masyarakat dan tantangan pembangunan yang berubah dengan cepat baik secara nasional maupun global
  4. Menjadi program studi yang dapat memberikan kekuatan moral dalam masyarakat madani Indonesia