Ekologi Hutan

Bagian Ekologi Hutan

Visi:
Menjadikan bagian bertaraf internasional di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan riset ekologi hutan tropika.

Misi:

  1. Mengembangkan substansi pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset sesuai dengan dinamika perkembangan iptek dan tuntutan pengguna.
  2. Melaksanakan kegiatan riset bidang kajian ekologi hutan tropika untuk menunjang terwujudnya ekosistem hutan yang dapat memberikan manfaat secara berkelanjutan.
  3. Membangun jejaring kerja di bidang Tridharma yang berkaitan dengan bidang Ekologi hutan.

Tujuan:

Mengembangkan IPTEKSĀ bidang ekologi hutan tropika terutama yang berkaitan dengan kualitas lingkungan dan penerapan sistem silvikultur hutan tropika.

Sasaran:

  1. Terususunnya buku-buku bahan ajar yang memuat informasi up to date tentang ekologi hutan tropika, khususnya Indonesia.
  2. Terbitnya sejumlah karya tulis, baik yang dipublikasikan oleh jurnal-jurnal ilmiah bereputasi maupun berupa tulisan semi ilmiah (populer) yang berpeluang dibaca oleh khalayak umum.
  3. Tersusunnya buku-buku manual penerapan teknologi hasil kajian riset yang dikembangkan oleh bagian, dengan mengusahakan paten dari beberapa paket teknologi yang berpeluang dipatenkan.
  4. Terbentuknya jejaring kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta dan masyarakat ilmiah yang relevan serta masyarakat lokal pengguna teknologi.

Mandat:

Pengembangan ilmu dan teknologi pembangunan hutan dan rehabilitasi ekosistem hutan berdasarkan: karakteristik ekosistem hutan, interaksi antara vegetasi dan lingkungan, penentuan faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan vegetasi hutan dan produktivitas ekosistem hutan serta pengeruh pembangunan/rehabilitasi hutan terhadap kualitas air serta iklim mikro.

Ruang Lingkup:

Bagian Ekologi Hutan mempunyai ranah/ruang lingkup di tahap pra dan pasca pembangunan dan rehabilits ekosistem hutan, mulai dari pengkajian karakteristik tipe-tipe ekosistem, pengembangan jenis-jenis pohon unggulan, mempertahankan dan meningkatkan siklus biogeokimia, identifikasi model-model interaksi antara pohon/hutan dengan lingkungan tempat tumbuhnya untuk peningkatan produktivitas dan kualitas lingkungan serta pengkajian pengaruh pembangunan hutan terhadap kualitas tanah, air serta iklim mikro.

Fokus penelitian:

 

Daftar Staf Divisi

  1. Prof. Dr. Ir. Cecep Kusmana, MS. (Kepala Bagian)
  2. Prof. Dr. Ir. Andry Indrawan, MS. (GB Emeritus)
  3. Dr. Ir. Omo Rusdiana, M.Sc.
  4. Dr. Ir. Basuki Wasis, MS.
  5. Dr. Ir. Istomo, MS.
  6. Dr. Ir. Yadi Setiadi, M.Sc.
  7. Dr. Ir. Iwan Hilwan, M.Si.
  8. Dadan Mulyana, S.Hut. M.Si.