Perlindungan Hutan

Bagian Perlindungan Hutan

Visi:

Menjadikan bagian perlindungan hutan sebagai bagian dari program studi Departemen Silvikultur sebagai pelaksana unsur akademik yang kompeten dan terkemuka dalam pengembangan IPTEK perlindungan hutan yang berkarakter kewirausahaan dan bersendikan keharmonisan.

Misi:

  1. Menyelenggarakan perbaikan / pengembangan secara terus menerus proses belajar mengajar dalam lingkup keilmuan perlindungan hutan melalui pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), kurikulum dan fasilitas pengajaran serta sistem informasi perlindungan hutan.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang terencana sesuai dengan misi Fakultas Kehutanan, Departemen Silvikultur menuju Research Base University dalam bidang perlindungan hutan guna mendukung pengelolaan hutan secara berkelanjutan berdasarkan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis iptek perlindungan hutan untuk perbaikan lingkunagan dan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki kualitas unggul yang mampu memainkan peranan penting dalam pekerjaannya dibidang perlindungan hutan.
  2. Meningkatkan pelayanan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang perlindungan hutan bagi para mahasiswa dan dosen.
  3. Mengembangkan ilmu bidang perlindungan hutan baik ilmu dasar maupun terapan untuk menunjang pengendalian perlindungan hutan.
  4. Dapat melayani penidikan reguler untuk program S1, S2 dan S3.

Sasaran:

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten, profesional dan berdaya saing tinggi.
  2. Menjadi pilar Research Based University.
  3. Iptek yang dihasilkan dikembangkan dapat dipakai untuk perbaikan lingkungan, peningkatan produksi hutan dan kesejahteraan masyarakat.

Mandat:

Pengembangan ilmu dan teknologi perlindungan hutan yang diperlukan untuk membina hutan alam serta membangun dan membina hutan tanaman secara berkelanjutan berbasis ekosistem.

Ruang Lingkup:

  1. Pengendalian kebakaran dan penilaian dampak kebakaran hutan dan lahan berdasarkan pendekatan perilaku api dan ekosistem hutan tropika;
  2. Pengembangan kajian serangga hutan, baik serangga berguna maupun serangga perusak berbasis ekosistem;
  3. Pengembangan sistem analisis dan identifikasi penyakit hutan; pengendalian hutan berbasis ekosistem dan pengembangan kajian jamur kayu;
  4. pengembangan sistem pengendalian gangguan hutan akibat penggembalaan liar, pencurian hasil hutan, perladangan berpindah dan pembabadan hutan.

Fokus Penelitian:

 

Daftar Staf Bagian:

  1. Prof. Dr. Ir. Achmad, MS. (Kepada Bagian)
  2. Prof. Dr. Ir. Bambang Hero Saharjo, M.Agr.
  3. Dr. Ir. Noor Farikhah Haneda, M.Sc.
  4. Dr. Ir. Lailan Syaufina, M.Sc.
  5. Dr. Elis Nina Herliyana, M.Si.
  6. Dr. Erianto Indra Putra, S.Hut. M.Si.
  7. Ati Dwi Nurhayati, S.Hut, M.Si.
  8. Muhammad Alam Firmansyah, S.Hut. M.Si.
  9. Lufthi Rusniarsyah, S.P. M.Si.