Bagian/Divisi

1. Bagian Silvikultur

Visi:
Menjadikan Bagian Silvikultur sebagai unsur pelaksana akademik yang kompeten dan terkemuka dalam pengembangan IPTEK silvikultur tropika berkarakter kewirausahaan dan bersendikan keharmonisan.

Misi:
1. Menyelenggarakan perbaikan secara terus menerus proses belajar mengajar dalam lingkup keilmuan silvikultur tropika.
2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang terencana dalam lingkup keilmuan silvikultur tropika dalam rangka peningkatan produktivitas hutan dan lahan hutan terdegradasi.
3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat berbasis keilmuan silvikultur tropika untuk kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan.

2. Bagian Ekologi Hutan

Visi:
Menjadikan bagian bertaraf internasional di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan riset ekologi hutan tropika.

Misi:
1. Mengembangkan substansi pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset sesuai dengan dinamika perkembangan iptek dan tuntutan pengguna.
2. Melaksanakan kegiatan riset bidang kajian ekologi hutan tropika untuk menunjang terwujudnya ekosistem hutan yang dapat memberikan manfaat secara berkelanjutan.
3. Membangun jejaring kerja di bidang Tridharma yang berkaitan dengan bidang Ekologi hutan.

3. Bagian Perlindungan Hutan

Visi:
Menjadikan bagian perlindungan hutan sebagai bagian dari program studi Departemen Silvikultur sebagai pelaksana unsur akademik yang kompeten dan terkemuka dalam pengembangan IPTEK perlindungan hutan yang berkarakter kewirausahaan dan bersendikan keharmonisan.

Misi:
1. Menyelenggarakan perbaikan / pengembangan secara terus menerus proses belajar mengajar dalam lingkup keilmuan perlindungan hutan melalui pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), kurikulum dan fasilitas pengajaran serta sistem informasi perlindungan hutan.
2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang terencana sesuai dengan misi Fakultas Kehutanan, Departemen Silvikultur menuju Research Base University dalam bidang perlindungan hutan guna mendukung pengelolaan hutan secara berkelanjutan berdasarkan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis iptek perlindungan hutan untuk perbaikan lingkunagan dan kesejahteraan masyarakat.