Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 Bersama Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan IPB

Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan IPB

Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan IPB


Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang selalu diperingati setiap tanggal 17 Agustus, membawa kemeriahan tersendiri bagi seluruh Bangsa Indonesia. Masyarakat Indonesia memiliki banyak cara untuk menyambut dan merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya, tak terkecuali sivitas Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (Fahutan IPB).
Pada hari Kamis tanggal 16 Agustus 2018, Fakultas Kehutanan IPB menyelenggarakan rangkaian kegiatan untuk menyambut dan memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan RI yang melibatkan seluruh sivitas, baik dosen maupun tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Kehutanan. Kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan RI ini diikuti oleh seluruh sivitas Fakultas Kehutanan, yaitu Departemen Manajemen Hutan, Departemen Hasil Hutan, Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, serta tentunya Departemen Silvikultur.
Di samping dalam rangka memeriahkan dan menyambut Hari KemerdekaanRI ke-73, kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan sikap saling memiliki, menghormati, menghargai, gotong-royong, serta mempererat persatuan dan kesatuan antar anak bangsa, khususnya dimulai dari lingkungan kerja yang kecil, yaitu tingkat Departemen Silvikultur dan Fakultas Kehutanan IPB. Rangakain kegiatan ini dimulai pagi hari dengan olah raga bersama sivitas Fakultas Kehutanan (senam Maumere dan Poco-Poco), lalu dilanjutkan dengan perlombaan 17 Agustus-an (perlombaan tradisional), dan diakhiri dengan Makan bersama Ala Rimbawan atau yang lebih dikenal sebagai “Malari” di Balairung Fakultas Kehutanan IPB.
Malari adalah acara makan yang dilakukan secara bersama-sama oleh sivitas Fahutan baik dari “pimpinan” sampai “anak buah”, bahkan mahasiswa sekali pun dalam satu tempat makan yang sama, dengan menu yang sama, beralaskan daun pisang, sehingga menyajikan suasana kebersamaan yang hangat antar stake holder, tanpa membedakan jabatan, suku, ras, ataupun golongan. Hal tersebut tentu sangat baik dalam rangka menjaga silaturahmi dan kekompakkan antar sivitas, serta sebagai bentuk apresiasi yang baik dari pimpinan kepada seluruh sivitas di bawahnya. Hal sederhana inilah yang justru dapat memupuk dan menumbuhkan rasa persaudaraan dan persatuan sebagai Bangsa Indonesia yang “Bhinneka Tunggal Ika”, termasuk Korsa Rimbawan.
Di dalam suasana memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-73 tahun ini pun, ada baiknya kita turut mendoa’akan saudara-saudara kita sebangsa dan setanah air yang sedang ditimpa musibah gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat beberapa waktu lalu. Semoga semangat Hari Kemerdekaan RI ke-73 ini juga dapat dirasakan oleh saudara kita di sana untuk senantiasa tegar dan bangkit pasca musibah gempa bumi yang melanda. Mari kita rekatkan rasa persaudaraan serta persatuan dan kesatuan melalui semangat Hari Kemerdekaan RI ke-73 ini untuk saling mendukung sesama anak Bangsa Indonesia. MERDEKA!!!
(BW).