Prof. Dr. Bambang H. Saharjo (ke-5 dari kiri) & Dr. Basuki Wasis (ke-6 dari kiri)

Prestasi membanggakan  diraih oleh dosen IPB University, yaitu Prof. Dr. Ir. Bambang Hero Saharjo, M. Agr. dan Dr. Ir. Basuki Wasis, MS. Keduanya merupakan dosen di Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB University).

Pada acara “GAKKUM FESTIVAL” yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan Republik Indonesia yang bertempat di Gd. Manggala Wanabakti Jakarta, kedua dosen IPB University tersebut dianugerahi pengharagaan sebagai pakar lingkungan hidup yang telah berdedikasi dalam “Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2019”. Penghargaan tersebut diberaikan langsung oleh Direktur Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Rasio Ridho Sani (25/7).

Penghargaan ini merupakan suatu bentuk apresiasi dari rakyat Indonesia serta pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan RI kepada Prof. Dr. Ir. Bambang Hero Saharjo, M. Agr. dan Dr. Ir. Basuki Wasis, MS. atas dedikasi, jasa, pengabdian, dan konsistensinya dalam upaya mendukung penegakan hukum terkait lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia. Dedikasi keduanya tentu merupakan suatu bentuk sikap warga negara yang cinta tanah air serta bentuk menjaga kedaulatan negara sebagai negara hukum. Di sisi lain, sebagai keluarga Fakultas Kehutanan IPB University, kiprah keduanya mencerminkan suatu tindakan yang baik dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan  hidup dan kehutanan, khususnya di wilayah Indonesia.

Penghargaan ini merupakan amanah dan kepercayaan dari pemerintah, dan tentu bangsa Indonesia, sehingga Prof. Dr. Ir. Bambang Hero Saharjo, M. Agr. dan Dr. Ir. Basuki Wasis, MS. berharap dapat lebih termotivasi untuk memberikan dedikasi terbaiknya dalam upaya penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia. Selain itu, dengan adanya kepercayaan dari bangsa dan pemerintah Indonesia melalui penghargaan ini, diharapkan dapat memberikan motivasi yang baik kepada civitas akademisi lainnya serta masyarakat pada umumnya dalam upaya menjaga kelestraian lingkungan hidup dan kehutanan, sebab kelestarian lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia merupakan bagian dari kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai. Bagi IPB Univeristy, hal ini merupakan kepercayaan dari masyarakat Indonesia tentu pemerintah atas dedikasinya terhadap sumbangsih pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia.